SEJARAH LOKAL BREBES

Prasasti kenang-kenangan atas diresmikannya dan dibentuknya ORARI Lokal Brebes yang saat itu pelaksanaan Ceremony dilaksanakan 3 hari setelah pembentukan tanggal 21 Januari 1990. Yang melakukan tanda tangan pada Prasasti tersebut adalah Hardono YD2PVP Bupati Brebes saat itu, Suparjito YD2FYN Kapolres Brebes, Didin Hamid YD2OPD Dandim 0713 Brebes, Udjowolo YC2DTQ Ketua Orda Jateng dan Sudirman Kajari Brebes.

PEMBENTUKAN ORARI LOKAL BREBES

ORARI Lokal Brebes terbentuk pada tanggal 18 Januari 1990. Penetapan tanggal tersebut seiring dengan hari ulang tahun berdirinya Kabupaten Brebes yang ke-312. Sebelum terbentuknya ORARI Lokal Brebes, amatir radio yang berdomisili di Kabupaten Brebes tercatat sebagai anggota ORARI Daerah Jawa Tengah Lokal Tegal.

Mengingat jumlah anggota ORARI Lokal Tegal kian meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun, mendorong perlu diusulkan kepada Pengurus ORARI Daerah Jawa Tengah akan pentingnya dibentuk kepengurusan ORARI setingkat Lokal di wilayah Kabupaten Brebes. Hal tersebut berdasarkan pertimbangan secara kuantitatif dan kualitatif sudah memenuhi syarat untuk membentuk Kepengurusan Lokal yang baru.

Pada tanggal 12 Desember 1989 terbitlah Surat Keputusan Pengurus ORARI Daerah Jawa Tengah Lokal Tegal Nomor 04/SK/PENG/OR/LT/XII/89, tentang Panitia Penyelenggara Pembentukan Pengurus ORARI Lokal Brebes yang ditandatangani Ketua ORARI Lokal Tegal Drs. Santosa – Callsign YC2GZD, dan Sekretaris Bambang Leksono Callsign YD2IYB. Penerbitan surat keputusan ini sebelumnya telah diawali rapat-rapat pengurus ORARI Lokal Tegal dengan tokoh-tokoh anggota yang berdomisili di Brebes, termasuk dengan pejabat-pejabat MUSPIDA Kabupaten Daerah Tingkat II Brebes yang bertempat di MAKODIM Brebes.

Saat pertama berdiri ORARI Lokal Brebes menempati Sekretariat Lokal (SEKLOK) di Lantai II Pasar Induk Brebes terletak di Jalan Jendral Sudirman 68, atas fasilitas dari Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes saat itu.

Mulai 1996 menempati sekretariat lokal (Seklok) yang baru, dimana Seklok tersebut adalah milik sendiri atas swadaya anggota dan pengurus, serta bantuan dari pemerintah daerah, terletak di kompleks perumahan Jl. Condronegoro Raya 30, Kaligangsa Wetan Brebes hingga sekarang.

Brebes sebagai salah satu kabupaten dari 35 kabupaten di jawa tengah. Anggota tersebar diseluruh wilayah kabupaten Brebes dalam 17 kecamatan.

Dalam menjalankan kegiatan kematir radioan, ORARI Lokal Brebes telah beberapa kali mengadakan event Special Net, Serta mengikuti kontes dan kegaitan kematiran lain misalnya Fox hunting, ham festival.

Tentang Keberadaan bangunan Rumah untuk Sekretariat Lokal:

Sejak tahun (1996) menempati seklok yang baru milik sendiri atas swadaya anggota dan pengurus, serta bantuan dari pemerintah daerah, di kompleks perumahan Jln. Condronegoro Raya 30, Kaligangsa Wetan Brebes. Kepemilikan rumah yang dipergunakan untuk Sekretariat ORARI Lokal Brebes ini tidak lepas berkat bantuan Ir. Budi Rahayu (Anggota Sekretaris Dewan DPRD Brebes- yang sekaligus istri dari Ir. Sami Adji Dharmanto-Sekretaris dan kemudian menjadi Ketua ORARI Lokal Brebes saat itu). Bantuan yang diberikan oleh Ir. Budi Rahayu adalah ORARI Lokal Brebes menggunakan atas nama Ir. Budi Rahayu untuk terjadinya akad kredit dengan Pihak Bank/Developer, sedangkan uang muka (saat itu dipinjami oleh Ir. Budi Rahayu) dan pembayaran kredit tiap bulan berasal dari kas ORARI Lokal Brebes dan partisipasi / donatur dari anggota ORARI Lokal Brebes. Sebelum batas waktu jangka kredit, ORARI Lokal Brebes berhasil melunasi semua tanggungan keuangan kepada Bank, sehingga secara resmi Rumah yang terletak di Jalan Condronegoro Raya nomor 30, Kaligangsa Wetan adalah milik ORARI Lokal Brebes.